Mengapa Tubuh Harus Mengkonsumsi Probiotik yang Bagus?, Inilah Alasan Pentingnya

Thursday, December 10, 2015

Mengapa Tubuh Harus Mengkonsumsi Probiotik yang Bagus?, Inilah Alasan Pentingnya

10 Alasan tubuh harus mengkonsumsi probiotik yang bagus
Memang belum banyak dibahas seputar persoalan mengapa tubuh harus mengkonsumsi probiotik yang bagus, sehingga sangatlah wajar dasar ilmu mikrobiologi ini menjadi asing dan kurang populer di kalangan praktisi medis maupun terapis sebagai ilmu terapan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan konsep keseimbangan alami.
Padahal kenyataannya keberadaan bakteri probiotik (bakteri menguntungkan) adalah sangat penting dan memberi pengaruh besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan mental kita. Mengapa? karena atas dasar kehendak Tuhan, Sang Pencipta, mikro organisme terkecil yang hidup dalam tubuh manusia difungsikan sebagai pengatur, pengelola semua aktivitas metabolisme dalam tubuh manusia. Buktinya, setiap benda mati yang masuk (sebagai contoh nutrisi makanan) tidak bisa langsung terserap tanpa adanya pengolahan. Yang mengolah tentunya benda hidup (makhluk bernyawa), dialah mikro organisme tersebut. Apa mungkin semua organ tubuh yang merupakan benda mati dapat memasak, mengolah lalu mengantarkan? Tentu tidak mungkin bukan?
Seperti apa bakteri probiotik, sebagai mikro organisme hidup terkecil menjalankan peran pentingnya?, silahkan baca ulang pemahaman konsep dasar probiotik sebagai alternatif terapi penyembuhan penyakit.
Dalam tubuh, khususnya pada saluran pencernaan terdapat 400 hingga 500 spesies bakteri yang apabila dikeluarkan dan dihamparkan akan menutupi satu lapangan tenis. Bila ditimbang, berat bakteri tersebut mencapai 1,3 kg.
Ketika tubuh dalam kondisi sehat, jumlah bakteri probiotik (bakteri menguntungkan/bermanfaat) jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan bakteri patogen (bakteri merugikan). Namun, ketika jumlah bakteri patogen (bakteri merugikan) lebih banyak dibanding bakteri probiotik (bakteri menguntungkan) maka tubuh menjadi sakit, yang diawali dari tidak sehatnya saluran pencernaan lalu menyebar ke organ – organ tubuh yang lemah koloni probiotiknya.
Dalam kondisi sehat, jumlah bakteri menguntung di dalam saluran pencernaan lebih banyak dibandingkan bakteri merugikan. Sebaliknya, ketika jumlah bakteri merugikan lebih banyak dibanding bakteri menguntungkan maka tubuh akan sakit yang dimulai dari tidak sehatnya saluran pencernaan. Dengan logika sederhana, maka untuk menyehatkan saluran pencernaan yang sakit adalah dengan menaikkan jumlah bakteri probiotik yang ada di dalamnya, yaitu dengan cara mengkonsumsi probiotik yang bagus, sebab dengan mengkonsumsi probiotik yang bagus tubuh akan memperoleh suplai bakteri – bakteri probiotik untuk mengembalikan keseimbangan prosentase mikro organisme yang ada di saluran pencernaan. Setelah saluran pencernaan sehat, maka tubuh pun memiliki daya penyembuhan dari berbagai penyakit yang menyerang. Itulah pentingnya mengapa tubuh harus mengkonsumsi probiotik yang bagus.
Probiotik yang bagus juga mampu menstimulus reaksi sistem imun di seluruh tubuh, termasuk keistimewaannya mengaktifkan Sel T (sel darah putih yang berfungsi mencegah infeksi), serta mempersiapkan tubuh guna melawan ancaman segala unsur yang dianggap membahayakan tubuh.
Agar kondisi tubuh tetap sehat, secara matematis persentasi perbandingan mikro organisme yang ada di dalam tubuh adalah 85% bakteri probiotik sedangkan 15% bakteri patogen, sebab sebagian besar sistim imun sangat bergantung pada bakteri – bakteri probiotik ini. Ini adalah alasan lain mengapa tubuh harus mengkonsumsi probiotik yang bagus secara teratur.

10 Alasan mengapa tubuh harus mengkonsumsi probiotik yang bagus

Inilah beberapa alasan mengapa tubuh harus mengkonsumsi probiotik yang bagus:
  1. Probiotik yang bagus meningkatkan kualitas air susu ibu (ASI) sehingga dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh pada anak, bila dikonsumsi sebelum, selama dan sesudah kehamilan. Bila tidak dapat menyusui, probiotik yang bagus dapat dicampurkan ke dalam susu formula bayi. Probiotik yang bagus tersebut akan memecah protein susu agar mudah dicerna usus bayi. 
  2. Probiotik yang bagus mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah uji klinis yang melibatkan pasien untuk perawatan intensif membuktikan bahwa probiotik hidup dapat mencegah multiple organ disfunction syndrome (MODS) yang merupakan penyebab nomor satu kematian pasien dalam perawatan intensif.
  3. Probiotik yang bagus dapat mengatasi celiac disease dan gluten sensitivity. Ini adalah gangguan autoimun yang dapat ditimbulkan karena adanya alergi terhadap gluten dan menyebabkan gangguan pencernaan, biasanya ditemukan pada anak autisme. Disebabkan karena tubuh tidak mampu mencerna protein. Oleh karena itu probiotik yang bagus mampu memecah senyawa protein yang lebih kompleks menjadi sederhana sehingga mudah diserap tubuhnya.
  4. Probiotik yang bagus dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit infeksi dan radang dalam usus.
  5. Probiotik yang bagus dapat meningkatkan kualitas bahan pangan yang kita makan, serta dapat mencegah dampak buruk dari menu makanan olahan kimiawi miskin serat yang kita makan. Gunakan probiotik yang bagus untuk mencuci atau membersihkan bahan pangan dari efek pencemaran, efek radikal bebas, pengaruh racun pestisida sintetis, racun arsenik dan sejenisnya sebelum dimakan.
  6. Dengan kondisi probitik yang terjaga, maka probiotik yang bagus dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan, sebab bakteri probiotik dapat menekan keberadaan jumlah bakteri patogen agar tidak melebihi 15%.
  7. Probiotik yang bagus dalam jumlah tepat dapat mencegah kerusakan radiasi karena proses sinar X atau CT Scan pada usus dan organ tubuh yang lain. Oleh karena itu probiotik yang bagus dapat juga digunakan untuk alternatif terapi penyembuhan kanker.
  8. Probiotik yang bagus dapat menyeimbangkan prosentase bakteri dalam usus, yang mana hal ini membantu memproduksi enzim pencernaan dalam jumlah memadai untuk mencegah pertumbuhan kanker dan tumor. Tidak hanya enzim pencernaan, probiotik yang bagus sangat membantu produksi enzim metabolisme yang dibutuhkan oleh tubuh.
  9. Probiotik yang bagus dapat mengisi kembali bakteri menguntungkan yang mati karena konsumsi antibiotik yang berlebihan. Penggunaan antibiotik berlebihan tidak hanya membunuh bakteri patogen tetapi membuhnuh pula bakteri probiotik.
  10. Probiotik yang bagus dapat yang dikonsumsi secara bertahap dan terukur dapat membantu mengatasi anak hiperaktif dan kasus autisme pada anak, karena probiotik probiotik yang bagus dapat meredakan ketegangan syaraf, menenangkan, memperbaiki respon syaraf yang terganggu hingga meransang syaraf hipotalamus untuk memberi respon guna kestabilan emosi.
Probiotik yang bagus tidak hanya menyehatkan fungsi organ tubuh, namun juga pada kesehatan mental, probiotik yang bagus sangat membantu pemulihan banyak kasus. Untuk alternatif penyembuhan penyakit, probiotik yang bagus berbasis sari buah sudah mulai memasyarakat dan makin mudah didapat secara online. Contoh probiotik yang bagus untuk penyakit seperti probiotik urichol, probiotik ginapro, probiotik staminogrape, probiotik kidomi honey. Silahkan cari saja di tokopedia atau situs – situs aplikator probiotik yang bagus.
Demikianlah penjelasan mengenai alasan mengapa tubuh harus mengkonsumsi probiotik yang bagus. Semoga bermanfaat. Artikel ini boleh dibagikan.