Prebiotik adalah Kunci Fase Pertumbuhan Bakteri Probiotik yang Sangat Selektif

Friday, October 16, 2015

Prebiotik adalah Kunci Fase Pertumbuhan Bakteri Probiotik yang Sangat Selektif

Prebiotik adalah kunci fase pertumbuhan bakteri probiotik yang sangat selektif
Berbicara prebiotik adalah tak dapat dilepaskan dari probiotik, sebab prebiotik adalah kunci fase pertumbuhan bakteri probiotik yang sangat selektif. Probiotik dan prebiotik adalah tak dapat dipisahkan karena sasaran utama prebiotik adalah memacu tumbuh kembang yang selektif dari bakteri probiotik.
Probiotik yang dikombinasikan dengan prebiotik lalu diberikan secara bersama-sama dan memberikan efek yang menguntungkan bagi tubuh manusia yang mengkonsumsinya disebut dengan istilah sinbiotik.
Contohnya prebiotik adalah penambahan probiotik (mikro organisme hidup menguntungkan) dan prebiotik (substrat) untuk pertumbuhan bakteri misalnya bifidobacterium dengan fructoolisakarida (FOS) atau Lactobacillus dengan lacitol. Atau mengkombinasikan prebiotik dari ekstrak kulit manggis dengan probiotik dorman, disini prebiotik berperan penting pada fase pertumbuhan bakteri / fase pertumbuhan mikroba probiotik yang sangat selektif. Probiotik dorman yang terkena asam lambung akan mengalami fase penyesuaian diri (fase lag) terlebih dahulu, sebelum bertumbuh dan berkembang pada fase – fase pertumbuhan bakteri/mikroba selanjutnya. Keuntungan dari probiotik dan prebiotik adalah meningkatkan daya tahan hidup bakteri probiotik oleh karena ketersediaan makanan yang spesifik untuk proses fermentasi sehingga tubuh mendapat manfaat yang lebih sempurna dari kombinasi ini.

Apa itu Prebiotik?

Prebiotik adalah bahan makanan yang tidak dicerna tubuh (non-digestible food ingredient) namun dapat dicerna oleh mikroba probiotik sehingga memberikan efek yang baik terhadap tubuh inang (host) dengan memicu aktivitas atau memberikan keuntungan bagi fase pertumbuhan bakteri probiotik yang selektif. Prebiotik adalah umumnya karbohidrat yang tidak dicerna dan tidak diserap, biasanya dalam bentuk dietary fiber (inulin) dan oligosakarida (Oligofruktosa).
Pada saluran pencernaan, prebiotik adalah tidak dapat dicerna karena memiliki daya tahan terhadap enzim pencernaan.

Peran Penting dan Fungsi Prebiotik

Peran penting dan fungsi prebiotik adalah:
  1. Dapat difermentasikan enzim pencernaan menjadi asam laktat. Asam laktat adalah nutrisi penting yang dibutuhkan pada fase pertumbuhan bakteri/fase pertumbuhan mikroba probiotik, agar bakteri tersebut dapat berkembang.
  2. Memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri merugikan (patogen).
  3. Peran penting prebiotik adalah ikut dalam menciptakan kondisi lingkungan yang tidak bersahabat bagi bakteri – bakteri berbahaya dalam saluran pencernaan sehingga meningkatkan pertumbuhan bakteri probiotik.
  4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi kejadian infeksi.
  5. Dalam saluran cerna prebiotik mengurangi resiko terkena kanker usus dan kanker dubur, diabetes mellitus, sembelit dan liver.
  6. Membantu menyerap kalsium dan magnesium dengan lebih optimal dalam tubuh.

Mengapa prebiotik adalah kunci fase pertumbuhan bakteri probiotik yang sangat selektif?

Mengapa prebiotik adalah kunci fase pertumbuhan bakteri probiotik yang sangat selektif?, alasannya sederhana saja. Sebab prebiotik adalah molekul gula yang tidak dapat dipecah/tidak dapat dicerna, mereka langsung ke perut dan disitulah probiotik dapat memakannya untuk mengamankan fase pertumbuhan bakteri probiotik itu sendiri mulai dari awal pertumbuhan sampai dengan berakhirnya aktivitas. Keberadaan prebiotik adalah untuk mengamankan stok persediaan nutrisi yang cukup bagi probiotik agar dapat optimal melalui fase pertumbuhannya maupun optimal dalam melayani semua kebutuhan nutrisi bagi tiap sel yang ikut berperan dalam distribusi dan transportasinya.
Probiotik dan prebiotik tidak dapat dipisahkan dan prebiotik adalah kunci fase pertumbuhan bakteri probiotik yang sangat selektif.