Pemahaman Konsep Dasar Probiotik sebagai Alternatif Terapi Penyembuhan Penyakit

Monday, August 31, 2015

Pemahaman Konsep Dasar Probiotik sebagai Alternatif Terapi Penyembuhan Penyakit

Probiotik Alternatif Terapi Penyembuhan Penyakit
Sebelum mengkonsumsi nutrisi probiotik untuk penyakit yang Anda derita, tidak ada salahnya untuk menambah wawasan terlebih dahulu soal pemahaman konsep dasar probiotik sebagai alternatif terapi penyembuhan penyakit. Memahami konsep terapi dengan probiotik adalah memahami alternatif terapi penyembuhan penyakit.

Probiotik adalah Hukum Keseimbangan

Konsep dasar probiotik sebagai alternatif terapi penyembuhan penyakit menggunakan konsep hukum keseimbangan ekosistem. Ekosistem mikro flora yang seimbang dalam tubuh adalah ekosistem mikro flora yang komponen penyusunnya memiliki komposisi yang seimbang (bukan berarti jumlahnya sama). Dengan begitu kesehatan tubuh dapat terjaga. Bila bakteri merugikan (patogen) lebih banyak dari bakteri menguntungkan (probiotik) maka penyakit mudah menyerang tubuh. Maka agar tak mudah terserang penyakit dibutuhkan asupan bakteri probiotik dari luar tubuh, bisa melalui nutrisi probiotik atau konsumsi suplemen probiotik yang bagus. Tujuannya agar koloni – koloni bakteri probiotik tersebut dapat terjaga keseimbangannya dan bertahan hidup untuk membatasi jumlah peningkatan bakteri merugikan (patogen). Memperbanyak mikroba probiotik sama artinya dengan mencegah tumbuhnya bakteri patogen dengan menguasai ruang yang seharusnya dapat dipakai oleh mikroba berbahaya, sehingga tingkat keparahan penyakit dapat dicegah lebih dini. Itulah gambaran probiotik adalah hukum keseimbangan yang mutlak. Sebagai alternatif terapi penyembuhan penyakit maka mulailah mengkonsumsi probiotik terlebih dahulu untuk memperbaiki ekosistem di dalam tubuh termasuk dalam usus agar sumber penyakit bisa segera teratasi.

Probiotik adalah Mekanik Sejati

Bayangkan jika salah satu komponen mobil Anda rusak atau lepas dan hilang, siapakah yang memperbaikinya? jika rusak tentu mekanik yang memperbaiki, jika lepas dan hilang tentu dibelikan dulu baru dipasangkan oleh mekanik. Nah begitulah juga yang terjadi dengan tubuh kita. Ibaratkan saja probiotik adalah mekanik sejati seperti contoh, artinya ia adalah makhluk hidup yang bekerja membantu memperbaiki kerusakan fungsi organ tubuh. Probiotik berperan sebagai decomposer (pengurai) pada jaring makanan dan akhir rantai makanan. Selama proses penguraian bakteri akan melepaskan gas yang menguntungkan untuk proses metabolisme tubuh dan juga mengantarkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
Dalam keadaan sakit dan kondisi tidak ada keseimbangan bakteri (lebih banyak bakteri patogen dibanding probiotik), salah satunya disebabkan oleh masuknya asupan gizi yang tak terjaga kebersihannya sehingga tercemar bakteri patogen. Karena kemampuan yang terbatas, maka sang mekanik (probiotik) tidak dapat bekerja sesuai yang diharapkan tubuh. Bahkan dalam kondisi tak imbang ini racun yang sudah ada di dalam tubuh atau bahkan obat yang baru diminum tidak berfungsi maksimal karena tidak adanya proses penguraian.
Racun dan parasit yang menumpuk pun berpotensi meningkatkan jumlah koloni bakteri merugikan di dalam tubuh, termasuk usus. Akibatnya tentu dapat menghalangi proses pengantaran dan penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk sembuh serta daya tahan tubuh makin menurun.
Oleh karena itu dalam setiap alternatif terapi penyembuhan penyakit membutuhkan nutrisi probiotik dari luar untuk membantu meningkatkan keseimbangan bakteri yang mulai lemah di dalam tubuh agar proses penyerapan nutrisi untuk penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat. Tentunya probiotik adalah mekanik sejati yang bahu membahu dalam mengantarkan nutrisi dan menyingkirkan zat – zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Menjaga Probiotik adalah Menjaga Keselarasan Hidup

Menggunakan alternatif terapi penyembuhan penyakit dengan pemahaman konsep dasar probiotik adalah sama dengan menjaga keselarasan hidup. Keselarasan hidup mengajarkan kita untuk senantiasa hidup berdampingan secara damai dengan alam beserta seluruh makhluknya, termasuk dengan bakteri – bakteri yang bermanfaat bagi tubuh kita. Menjaga probiotik adalah menjaga keselarasan hidup. Hidup saling bersimbiosis mutualisme antara manusia dan bakteri probiotik tentu saling menguntungkan bagi keduanya. Tubuh manusia makin sehat karena ada keseimbangan mikro flora dalam usus, termasuk organ tubuh yang lain dan di sisi lain bakteri probiotik mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan mereka untuk hidup dan bekerja dengan nyaman.
Namun ketika si empunya tubuh tak lagi memakai konsep menjaga keselarasan hidup,dengan pola makan yang salah, mengkonsumsi alkohol, minuman keras, obat – obatan psikotropika berlebih, makanan dengan zat kimia berlebih dan lainnya maka keseimbangan bakteri dalam tubuh pun menjadi musnah akibatnya tubuh terserang penyakit.
Menjaga keseimbangan mikro organisme hayati yang ada di dalam tubuh dengan tidak membunuh probiotik adalah salah satu cara menjaga keselarasan hidup. Keselarasan hidup adalah salah satu pemahaman konsep dasar probiotik sebagai alternatif terapi penyembuhan penyakit.