Penjelasan Singkat Tentang Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

Saturday, October 24, 2015

Penjelasan Singkat Tentang Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

Mengenai penjelasan singkat tentang perbedaan probiotik dan prebiotik akan kita bahas kali ini.

Perbedaan probiotik dan prebiotik
Probiotik dan Prebiotik

Probiotik dan Prebiotik adalah saling melengkapi satu sama lain. Probiotik adalah mikro organisme menguntungkan yang bila dikonsumsi akan memberi efek positif bagi tubuh. Sedangkan prebiotik adalah nutrisi yang tidak dapat diserap tubuh dan bermanfaat bagi probiotik.
Lain lagi dengan istilah pangan probiotik, pangan probiotik adalah makanan atau minuman yang mengandung (berisi) mikro organisme – mikro organisme menguntungkan yang dapat dikonsumsi secara langsung sehingga bermanfaat dan membantu meningkatkan kesehatan.
Dalam terapan aplikasinya di lapangan, probiotik dan prebiotik dapat disajikan pada aneka bentuk makanan kesehatan maupun minuman kesehatan yang siap saji.
Berikut adalah contoh – contoh probiotik dan prebiotik.
  1. Makanan kesehatan prebiotik serbuk beras merah dalam botol, penyajiannya cukup di seduh saja.
  2. Prebiotik ekstrak sayur – sayuran kombinasi aneka macam sayuran bermanfaat bagi tubuh.
  3. Suplemen probiotik yang bagus untuk ibu dan anak yang terbuat dari sari buah melon probiotik.
  4. Minuman probiotik sari buah anggur untuk stamina dan kebugaran tubuh.
  5. Masih banyak lagi contoh – contoh probiotik dan prebiotik dalam bentuk makanan dan minuman kesehatan yang sangat memberi manfaat bagi tubuh kita.

Penjelasan singkat tentang perbedaan probiotik dan prebiotik

Tabel berikut adalah penjelasan singkat perbedaan probiotik dan prebiotik.
Probiotik Prebiotik
Probiotik adalah mikro organisme hidup yang menguntungkan serta dapat dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan sIstem pencernaan di usus dan manfaat lainnya.Prebiotik adalah sejenis serat khusus yang bisa menjadi makanan bagi mikro organisme dalam usus.
Suplemen probiotik yang bagus maupun minuman probiotik yang berkualitas harus dapat disimpan dalam kondisi penyimpanan, suhu, dan tingkat keasaman yang spesifik agar mikro organisme di dalamnya tidak mati.Makanan atau minuman prebiotik tidak perlu perlakuan seperti itu karena prebiotik tidak mudah mengalami kerusakan.
Bahan pangan (minuman atau makanan) hasil fermentasi yang diolah dengan bioteknologi khusus terdapat pada suplemen probiotik yang bagus, misalnya sari buah kidomi honey.Sumber makanan prebiotik diambil dari serat alami yang terdapat pada lebih dari 38.000 jenis tanaman.
Suplemen probiotik yang bagus juga berisi mikro organisme strain khusus yang sengaja dimasukkan ke usus untuk membantu sistem pencernaan dan penyembuhan penyakit.Prebiotik hanya untuk sumber nutrisi bagi mikro organisme yang secara alami sudah berada di usus.
Suplemen probiotik yang bagus mampu mengusir mikro organisme merugikan dari usus atau lokasi sekitarnya secara langsung dengan cara mengambil alih ruang – ruang yang sebelumnya diisi mikro organisme merugikan melalui perebutan nutrisi di tempat itu.Prebiotik mengusir mikro organisme merugikan dengan cara menciptakan kondisi keasaman tertentu yang tidak disukai oleh mikro organisme merugikan.

Sekian penjelasan singkat tentang perbedaan probiotik dan prebiotik, silahkan dibagikan untuk memberikan manfaat pada sesama manusia.